Strategi Generic (Selain Model Porter)

Strategi Utama/Induk (Grand Strategy) : penjabaran yang lebih operasional dari Strategi Generik (Generic Strategy). Strategi generik merupakan strategi yg diketahui secara umum dan dapat diterapkan pada berbagai bentuk industri dan ukuran organisasi.
1. Model Wheelen dan Hunger
2. Model Fred R David

1. Strategi Generik Model Wheelen dan Hunger :
Untuk menjelaskan tentang strategi, Wheelen dan Hunger menggunakan konsep dari Generik Electric dan didasarkan atas daur hidup produk. General Electric menyatakan bahwa pada prinsipnya strategi generik dibagi atas tiga macam :
a. Strategi Ekspansi/Pertumbuhan (Expansion)
Pada prinsipnya strategi ini menekan pada penambahan/perluasan produk, pasar, dan fungsi lainnya untuk peningkatan pada aktivitas perusahaan. Tetapi selain keuntungan yang ingin diraih lebih besar. Strategi ini juga mengandung risiko kegagalan yang tidak kecil. Strategi ini dilakukan pada posisi produk memasuki masa pertumbuhan(Growth).
Strategi Umum :
• Strategi pertumbuhan konsentrasi :
a. Horizontal
b. Vertikal
• Strategi pertumbuhan diversifikasi :
a. Terpusat
b. Konglomerasi
b. Strategi Stabilitas (Stability)
Pada prinsipnya strategi ini tidak ada penambahan produk, pasar dan fungsi-fungsi perusahaan lainnya. Hal ini disebabkan perusahaan berfokus pada efisiensi di segala bidang dalam rangka meningkatkan kinerja dan keuntungan. Strategi ini risikonya relatif rendah dan biasanya dilakukan untuk produk yang berada di posisi kedewasaan (Mature).
Strategi Umum :
• Strategi istirahat (Pause Strategy)/Strategi terus dengan hati-hati (Proceed with Caution Strategy)
• Strategi tanpa perubahan (No Change Staretgy)
• Strategi laba (Profit Strategy)
c. Strategi Penciutan (Retrenchment)
Strategi ini dilakukan untuk pengurangan produk, pasar ataupun fungsi lainnya, khususnya yang mempunyai cash flow negatif. Strategi ini biasanya diterapkan pada bisnis yang berada pada posisi menurun (Decline). Penciutan ini dapat terjadi karena sumber daya yang perlu diciutkan itu lebih baik dikerahkan, misalkan untuk usaha lain yang sedang berkembang.
Strategi Umum;
• Strategi perubahan haluan (Turnaround Strategy)
• Strategi memikat perusahaan lain (Captive Company Strategy)
• Strategi jual/tutup (Sell out/Divestment Strategy)
• Strategi perlepasan (Bankruptcy Strategy)/Strategi Likuidasi (Liquidation Strategy)

2. Strategi Generik Model Fred R David
a. Strategi Integrasi Vertikal (Vertikal Integration Strategy)
Strategi ini agar perusahaan melalukan pengawasan yang lebih terhadap distributor, pemasok dan atau pesaing, misalkan melalui merger, akuisisi, atau membuat perusahaan sendiri.
Strategi Umum :
• Strategi Integrasi ke Depan (Forward Integration Strategy)
• Strategi Integrasi ke Belakang (Backward Integration Strategy)
• Strategi Integrasi ke Horizontal (Horizontal Integration Strategy)
b. Strategi Intensif (Intensive Strategy)
Strategi ini melakukan usaha-usaha yang insentif untuk meningkatkan posisi persaingan perusahaan melalui produk yang ada.
• Strategi Pengembangan Pasar (Market Development Strategy)
• Strategi Pengembangan Produk (Product Development Strategy)
• Strategi Penetrasi Pasar (Market Penetration Strategy)
c. Strategi Diversifikasi (Diversification Strategy)
Strategi ini dimaksukan untuk menambah atau menganeka-ragamkan produk baru hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko dan mengendalikan aktivitas perusahaan yang berbeda-beda.
Strategi Umum :
• Strategi Diversifikasi Konsentrik (Concentric Diversification Strategy)
• Strategi Diversifikasi Konglomerat (Conglomerate Diversification Strategy)
• Strategi Diversifikasi Horisontal (Horizontal Diversification Strategy)
d. Strategi Bertahan (Devensive Strategy)
Strategi ini bermaksud agar perusahaan melakukan tindakan penyelamatan agar terlepas dari kerugian-kerugian besar dan pada ujung-ujungnya adalah kebangkrutan.
Strategi Umum :
• Strategi Usaha Patungan (Joint Venture Strategy)
• Strategi Penciutan Biaya (Retrenchment Strategy)
• Strategi Penciutan Usaha (Divestiture Strategy)
• Strategi Likuidasi (Liquidation Strategy)
>

Free Blog Templates

Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam, tiada sekutu baginya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)’.” (QS. Al-An'âm [6]: 162-163)

Blog Tricks

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu'alaikum warahmatullah, Jaroe dua blah lon beu'et teuma, Saleum ulon brie keu mandum rakan, Bak Allah teuman lon lakee do'a

Easy Blog Tricks

Jadilah kamu seorang yang tersenyum dan bukannya orang yang tertawa. Teruskanlah berdakwah dan janganlah berjalan tanpa tujuan. Janganlah pula apabila kamu melakukan kehilafan, berputus asa dengan kehilafan yang telah dilakukan itu. Menangislah disebabkan kehilafan yang kamu lakukan, wahai Ibn ‘Imran.

If You Don't Respect Yourself, You Can't Hope To Get Respect From Others

PDF

Blog Tutorial

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar.

Mutiara dari Baginda Nabi SAW

Tiga sifat manusia yang merusak adalah, kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan.

Category 4

Sample Text

Category 5

Strategi Generic (Selain Model Porter)

Strategi Utama/Induk (Grand Strategy) : penjabaran yang lebih operasional dari Strategi Generik (Generic Strategy). Strategi generik merupakan strategi yg diketahui secara umum dan dapat diterapkan pada berbagai bentuk industri dan ukuran organisasi.
1. Model Wheelen dan Hunger
2. Model Fred R David

1. Strategi Generik Model Wheelen dan Hunger :
Untuk menjelaskan tentang strategi, Wheelen dan Hunger menggunakan konsep dari Generik Electric dan didasarkan atas daur hidup produk. General Electric menyatakan bahwa pada prinsipnya strategi generik dibagi atas tiga macam :
a. Strategi Ekspansi/Pertumbuhan (Expansion)
Pada prinsipnya strategi ini menekan pada penambahan/perluasan produk, pasar, dan fungsi lainnya untuk peningkatan pada aktivitas perusahaan. Tetapi selain keuntungan yang ingin diraih lebih besar. Strategi ini juga mengandung risiko kegagalan yang tidak kecil. Strategi ini dilakukan pada posisi produk memasuki masa pertumbuhan(Growth).
Strategi Umum :
• Strategi pertumbuhan konsentrasi :
a. Horizontal
b. Vertikal
• Strategi pertumbuhan diversifikasi :
a. Terpusat
b. Konglomerasi
b. Strategi Stabilitas (Stability)
Pada prinsipnya strategi ini tidak ada penambahan produk, pasar dan fungsi-fungsi perusahaan lainnya. Hal ini disebabkan perusahaan berfokus pada efisiensi di segala bidang dalam rangka meningkatkan kinerja dan keuntungan. Strategi ini risikonya relatif rendah dan biasanya dilakukan untuk produk yang berada di posisi kedewasaan (Mature).
Strategi Umum :
• Strategi istirahat (Pause Strategy)/Strategi terus dengan hati-hati (Proceed with Caution Strategy)
• Strategi tanpa perubahan (No Change Staretgy)
• Strategi laba (Profit Strategy)
c. Strategi Penciutan (Retrenchment)
Strategi ini dilakukan untuk pengurangan produk, pasar ataupun fungsi lainnya, khususnya yang mempunyai cash flow negatif. Strategi ini biasanya diterapkan pada bisnis yang berada pada posisi menurun (Decline). Penciutan ini dapat terjadi karena sumber daya yang perlu diciutkan itu lebih baik dikerahkan, misalkan untuk usaha lain yang sedang berkembang.
Strategi Umum;
• Strategi perubahan haluan (Turnaround Strategy)
• Strategi memikat perusahaan lain (Captive Company Strategy)
• Strategi jual/tutup (Sell out/Divestment Strategy)
• Strategi perlepasan (Bankruptcy Strategy)/Strategi Likuidasi (Liquidation Strategy)

2. Strategi Generik Model Fred R David
a. Strategi Integrasi Vertikal (Vertikal Integration Strategy)
Strategi ini agar perusahaan melalukan pengawasan yang lebih terhadap distributor, pemasok dan atau pesaing, misalkan melalui merger, akuisisi, atau membuat perusahaan sendiri.
Strategi Umum :
• Strategi Integrasi ke Depan (Forward Integration Strategy)
• Strategi Integrasi ke Belakang (Backward Integration Strategy)
• Strategi Integrasi ke Horizontal (Horizontal Integration Strategy)
b. Strategi Intensif (Intensive Strategy)
Strategi ini melakukan usaha-usaha yang insentif untuk meningkatkan posisi persaingan perusahaan melalui produk yang ada.
• Strategi Pengembangan Pasar (Market Development Strategy)
• Strategi Pengembangan Produk (Product Development Strategy)
• Strategi Penetrasi Pasar (Market Penetration Strategy)
c. Strategi Diversifikasi (Diversification Strategy)
Strategi ini dimaksukan untuk menambah atau menganeka-ragamkan produk baru hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko dan mengendalikan aktivitas perusahaan yang berbeda-beda.
Strategi Umum :
• Strategi Diversifikasi Konsentrik (Concentric Diversification Strategy)
• Strategi Diversifikasi Konglomerat (Conglomerate Diversification Strategy)
• Strategi Diversifikasi Horisontal (Horizontal Diversification Strategy)
d. Strategi Bertahan (Devensive Strategy)
Strategi ini bermaksud agar perusahaan melakukan tindakan penyelamatan agar terlepas dari kerugian-kerugian besar dan pada ujung-ujungnya adalah kebangkrutan.
Strategi Umum :
• Strategi Usaha Patungan (Joint Venture Strategy)
• Strategi Penciutan Biaya (Retrenchment Strategy)
• Strategi Penciutan Usaha (Divestiture Strategy)
• Strategi Likuidasi (Liquidation Strategy)

Featured Video

.

Selamat Menonton Yaa!!

About Me

Aku cowok tetapi tdk suka brewok/Aku pengajar, tetapi tidak suka belajar/Aku tidak suka maksiat, tetapi hidup ku juga belum sesuai dengan syariat.

Followers

About Me

Lhokseumawe, Nanggroe Atjeh Darussalam
Aku cowok tetapi tdk suka brewok/Aku pengajar, tetapi tidak suka belajar/Aku tidak suka maksiat, tetapi hidup ku juga belum sesuai dengan syariat.

Blog Archive

TV Dakwah

Sarana Sunnah TV | Menambahkan Khasanah Ilmu Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah

Photos

Blog Worth

Glider Content

Islamic Centre di Lhokseumawe

Islamic Centre di Lhokseumawe
.

Links

Rank & Visitors

Rank & Visitors

Web Site Traffic Counter

Ads

Pages

Advertisement

Search

Memuat...

Copyright Text